19 March 2013

Eksplorasi Ruang Sebagai Perbedaan Kerapatan: Belantara Pegunungan

Tulisan ini adalah tambahan eksplorasi untuk tulisan Ruang Sebagai Perbedaan Kerapatan di tanggal 7 Desember 2012.

Konsep ruang sebagai akibat dari perbedaan kerapatan bisa jadi agak sulit untuk teramati jika kita berada di lingkungan yang telah terbangun, seperti di tengah kota, misalnya. Walaupun bukan berarti sama sekali tidak relevan, tetapi ruang di kota telah ditegaskan secara sedemikian rupa sehingga seringkali sudah hampir tidak ada lagi wilayah abu-abu di antara kondisi "rapat" - sebagai yang memberi batas - dan "tidak rapat" - sebagai ruang yang terwujud dari batasan-batasan tersebut.

Hal-hal yang memberi batasan untuk terwujudnya ruang, di tengah kota, telah ditegaskan ke dalam bentuk-bentuk seperti dinding, trotoar, pagar, railing, lantai, kaca, dan sebagainya. Batasan antara ruang dan bukan ruang menjadi sangat-sangat tajam dan tegas, karena memang keteraturan dan kejelasan tersebut adalah perwujudan material dari norma, peraturan, kesepakatan bersama, hukum, dan undang-undang, yang dibutuhkan demi efisiensi dan kesejahteraan lahir dan batin manusia-manusia penghuninya.



Semakin banyak aktivitas manusia terjadi di suatu lingkungan, semakin lingkungan tersebut menjadi terbangun, maka akan semakin tegas pula batasan ruangnya. Daerah pedesaan memiliki batasan-batasan yang masih jauh lebih lembut, di sana masih cukup banyak tersisa wilayah abu-abu antara "ruang" dan "bukan ruang". Seperti sepotong jalan di tengah desa, misalnya, meskipun jalan tersebut banyak dilalui oleh pejalan kaki, gerobak, kerbau, sepeda, maupun motor, tetapi terkadang tidak tampak batasan yang jelas antara di mana siapa harus berlalu, dan kalau dilihat lebih jauh pun terkadang hampir tidak ada batasan yang tegas antara jalanan dan bukan jalanan. Demikian juga dengan batasan-batasan antara ruang privat dan publik, wilayah kepemilikan yang satu dengan yang lain, luar dan dalam, jenis-jenis lahan, dan lain-lainnya.

Oleh karena itu tempat terbaik untuk menghayati ruang sebagai perbedaan kerapatan adalah di suatu tempat di mana terdapat sesedikit mungkin jejak aktivitas manusia, tempat yang sama sekali bukan merupakan lingkungan terbangun, di mana - berkebalikan dengan kondisi lingkungan perkotaan - hampir sepenuhnya berada di wilayah abu-abu dan hampir tanpa ketegasan sama sekali: Di tengah hutan belantara pegunungan.

Jika kita pergi naik gunung, seperti - yang terdekat dari Jakarta - gunung Salak misalnya, ketika sudah mulai masuk dan berada di tengah hutan belantara, kita akan dapat melihat bahwa terkadang tidak ada batasan yang benar-benar tegas antara ruang dan bukan ruang. Terkadang satu-satunya yang memiliki batasan yang masih cukup terasa adalah jalan setapak tempat orang biasa (dan seharusnya) berlalu. Selain dari itu semuanya adalah "ruang" sekaligus "bukan ruang".


Tanpa dinding, trotoar, pagar, dan pembatas tegas yang lainnya, "bukan ruang" hanyalah berarti tidak cukup memungkinkan untuk dilalui, dimasukki, atau ditempati; selain karena pohon, tebing, dan jurang, adalah hanya karena kerapatan semak-semaknya. Dan di belantara pegunungan, perbedaan kerapatan semak-semak itulah yang kemudian - dalam batas yang selalu berada di wilayah abu-abu - membentuk "ruang".

No comments:

Post a Comment

Popular Nonsensical Matters